Anak Kadang Susah Makan, Ada Tipsnya ni Gan

Halo gan, lama nggak update blog ni gan. Kali ini saya pengen update, namun bukan tentang tutorial VPS atau WordPress tapi saya mau cerita sekaligus ini mungkin bisa jadi tips & trik ampuh agar anak agan lahap makan.

Sebelumnya kenalin gan, anak saya namanya Omar, saat artikel ini dibuat dia sudah 1 tahun lebih 2 bulan-an. Soal makan anak saya sebenarnya termasuk juaranya gan, biasanya saja pas bangun tidur pagi/siang kalu didekatnya ada makanan apa aja langsung dimakan gan dan nggak nangis kalau bangun didekatnya ada makanan.

Lain kala dia sedang nggak enak badan gan, susah makan, kadang di muntahin lagi. Ada juga kadang dia lagi males entah kenapa padahal badannya baik-baik saja dan ceria, tapi susah disuapin. Tapi selagi anak masih mau minum ASI saya nggak begitu kwatir gan, efeknya biasanya kalu dia gak makan nasi/roti, malamnya dia suka bangun minta ASI terus-terusan, mugkin karena laper soalnya biasa makan nasi kali.

Setiap Pagi, Siang dan Sore anak saya disuapin nasi gan, hari-hari paling sering menunya Nasi dan sayur bening.

Sayur:

Sayurnya yang paling sering nih gan

  • Daun katuk
  • Daun Kelor
  • Sawi
  • Kacang
  • Daun Singkong
  • Terong Kecil (Terong Nthis – Jawa)
  • dll..

Bumbu:

  • Garam
  • Bawan Merah dan Bawang Putih

Lauknya

Lauknya paling sering nasi hahaha.. dan ikan gan, karena disini ikan murah deket ama Nelayan – Dermaga Bom soalnya gan. Dermaga Bom ada di Kota Kalianda, Lampung Selatan gan (mampir-mapir bolehlah).

Tips & Trik Agar Anak Lahap Makan

Saya buat agar dia penasaran gan dan agar dia akif bergerak, misalnya gini gan. Anak saya suka main Gasing/Gangsing kayu (Pathon – Jawa) saya biasanya main Gasing dekat dia sambil sedikit sorak-sorak biar dia ngeliat aja. Kalau udah ngeliat saya kasih dia kesempatan untuk main Gangsing kalau belum tertarik saya buat lebih heboh lagi mainnya (bisa dengan sorak dan sambil jatuh-jatuhan). Nah kalau dia udah mau main baru deh sambil disuapin ntar dia kayak nggak sadar gan makan sambil main-main. Biasanya kalau udah mau tiga atau empat suap udah lahap makanya sampai habis gan.

Beda kalau anak lagi sakit, kwatir pasti gan, semua orang tua pasti merasakanya, tapi tetep harus berusaha agar dia mau makan gan walau sedikit, gawat kalau mogok makannya lama. Apalagi pas lagi sakit biasanya dikasih obat dan dianjurkan makan sebelum minum obat, untuk itu harus dicoba berbagai trik agar dia mau makaaaaaan.

Saya pakai trik yang sama seperti sebelumnya gan, tapi bedanya menunya saya ganti-ganti gan, begitu dia udah nggak mau makan Nasi, saya coba dengan Roti dan makanan lain seperti Ketela atau Singkong pokonya paling tidak dia mau makan walaupun sedikit. Trik ini kadang berhasil kadang nggak gan, kalau dia sakit udah lemes banget. Kalau masih nggak mau makan juga, ya ASI aja. Kebanyakan anak Balita pasti nggak nolak kalau ASI gan, nah yang penting mau minum ASI yang banyak. Kalau masih mau minum ASI banyak jangan lupa sediakan makanan yang banyak untuk Ibunya gan, kadang pas lagi sakit obatnya dikasih juga ke Ibunya untuk dimimum.

Nah mudah mudahan bermanfaat gan cerita saya gan walau alurnya nggak karuan tapi saya pengen cerita 😀 harap maklum..




Share this post:

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *