Cara Membuat Website di VPS dengan Linux Ubuntu

Untuk pemula, Awal migrasi website dari Shared Hosting ke Virtual Private Server (VPS) mungkin akan membuat sedikit bingung jika tanpa menggunakan Control Panel berbasis web seperti CPanel. Cloud Hosting ataupun VPS Unmanaged merupakan suatu pilihan terbaik untuk awal bisnis online, selain biaya yang dikeluarkan tak terlalu banyak jika dibanding VPS Managed juga karena situs anda akan mempunyai IP Dedicated yang mendukung untuk membuat website SEO.

Artikel ini merupakan rangkuman secara step by step cara membuat website di VPS dengan Linux Ubuntu, diantaranya adalah sebagai berikut, klik link pada judul untuk mengikuti tiap tahap:

Login via SSH

Setelah anda meyelesaikan pembelian paket VPS hal pertama yang dilakukan sebelum menginstall aplikasi-aplikasi untuk membuat website adalah anda harus menguasai bagaimana cara login via SSH untuk mengelola VPS. Jika anda pengguna windows program untuk login via SHH adalah Putty.

Menguasai Perintah Dasar Linux

Tidak seperti control panel yang berbasis web dimana hanya tinggal klik, pada VPS Unmanaged untuk mengelola server perlu adanya pengetahuan untuk menjalankan baris perintah-perintah linux melalui terminal atau Putty.

Contoh:

Start, Restart dan Stop Nginx service

service nginx start
service nginx restart
service nginx stop

Restart mesin VPS

reboot

Atau contoh lain ika anda ingin mengedit konfigurasi WordPress menggunakan editor nano dengan perintah sebagai berikut:

sudo nano /var/www/html/wp-config.php

Untuk menyimpan dan exit dari nano editor tekan Ctrl+X kemudian jawab dengan y, dan tekan Enter.

Konfigurasi Firewall Ubuntu dengan UFW

Konfigurasi firewall diperlukan untuk melindungi server anda, dengan firewall aktif maka lalu lintas pada server dapat dikontrol melalui rule yang telah dibuat dan diterapkan pada firewall. Firewall akan menyeleksi koneksi apa saja yang diizinkan atau sebaliknya akan menolak koneksi yang di tidak diizinkan untuk mengakses server.

Install LEMP – Linux Ubuntu, Nginx, MySQL dan PHP

Seperti yang direncanakan, karena Linux Ubuntu sudah terinstall ketika membeli VPS, kemudian hal lainya untuk membangun website dengan WordPress ada beberapa aplikasi yang dibutuhkan, yaitu: Nginx diperlukan sebagai web server, kemudian sebagai database pada tutorial terkait menggunakan MySQL dan PHP (Hypertext Preprocessor) sebagai bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis seperti WordPress.

Install WordPress di Ubuntu

WordPress adalah Content Management System yang mudah dikelola serta alasan untuk membuat website Search Engine Friendly karena memiliki opsi untuk membuat permalink yang bisa membantu Search Engine mengindek situs anda lebih cepat.

Setelah tahap demi tahap diatas selesai anda akan mempunyai website yang berjalan menggunakan VPS Linux Ubuntu dengan Nginx web server dan WordPress sebagai Content Management System (CMS).

Selamat mencoba.




Share this post:

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *