Cara SEO (Search Engine Optimization) Yang Sebenarnya

Cara SEO, Apa itu SEO? SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa kita menyebutnya Optimisasi mesin pencari yang merupakan serangkaian proses yang sistematis dengan tujuan untuk menaikkan volume trafik pengunjung website melalui mesin pencari semisal Google, Bing & Yahoo! ke website atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau alogaritma mesin percari tersebut.

 

Bagaimana Cara SEO?

Cara SEO

Cara SEO, Banyak cara agar Website SEO, namun pada kesempatan kali ini akan dibahas bagian penting dari yang terpenting tanpa membuat anda pusing dengan istilah-istilah yang mungkin masih awam untuk pemula dan membuat anda malas untuk melakukanya. apa saja cara-cara agar website SEO tersebut? sebelumnya saya akan bercerita terlebih dahulu yang mudah mudahan bisa anda ambil manfaat atau kesimpulan dari apa yang saya ketik pada artikel kali ini.

 

 

Anda tentu tahu situs situs besar seperti Wikipedia, Situs Berita Indonesia, Forum dan bahkan situs download software gratisan atau film favorite agan. Apakah mereka serumit itu dalam membuat website mereka untuk mempunyai trafik yang luar biasa? saya fikir tidak. Mereka mungkin fokus pada apa yang akan mereka sampaikan pada publik atau penikmat konten mereka melalui internet. Kemudian pengguna internet akan merasa butuh dan melakukan Bookmark situs-situs tersebut dan memaksa untuk memberikan link balik jika menyalin isi dari website mereka. Selain itu mereka juga tidak main-main dalam hal memilih provider hosting. Nah, sampai ketikan ini bisa diambil kesimpulan pertama yang kita lakukan adalah:

  1. Konten
  2. Hosting

Konten Berkualitas

Sebelum membuat website haruslah terlebih dahulu kita fikirkan konten apa yang akan kita fokuskan dan buat konten tersebut benar-benar mempunyai daya tarik yang maksimal atau singkatnya buat konten yang berkualitas dan tidak asal copy-paste yang akan menjadikan website anda tidak unik.

Hosting

Memilih Hosting yang bagus tidaklah rumit dan anda tidak perlu pusing untuk memilih mana hosting yang bagus dan mana yang tidak asalkan anda berpatokan pada hal-hal berikut ini:

  1. Pilih Perusahaan Hosting yang sudah terpercaya, mahal dikit tidak masalah asal bagus layanannya dan kualitasnya, jika belum mampu sewa Dedicate Server alternatif bisa menggunakan VPS atau Cloud Hosting.
  2. Tentukan lokasi server, jika ingin trafiknya datang dari Dalam negeri gunakan Server IIX Indonesia atau Singapore, jika masih dirasa mahal untuk permulaan dalam membuat website anda bisa memilih server US yang sudah terkenal harganya yang agak miring, tapi tetep inget yang nomer 1. Jika anda ingin fokus menjaring pengunjung dari luar negeri gunakan server US atau yang berlokasi di Eropa.

Setelah menemukan materi yang pas untuk membuat konten website dan memilih hosting yang tangguh selanjutnya adalah membuat website itu sendiri.

 

SEO, Apakah Harus CMS atau WordPress?

Tidak, dalam membuat website HTML saja pun bisa, namun anda akan sedikit kerepotan mengingat anda akan membuat banyak file jika tidak menggunakan CMS. Untuk itu saya sarankan menggunakan CMS lebih baik dan efektif untuk update website anda. Apa yang software atau CMS yang pas, tentu ada banyak pilihan namun perlu diingat untuk memilih software yang selalu dan terus menerus diperbarui oleh developernya agar bisa mengikuti dan menyesuaikan teknologi yang berkembang setiap saat.

Maka dapat ditarik kesimpulan CMS apa saja tidak masalah.

Jika anda pengguna WordPress silahkan Baca: Cara Setting Plugin Yoast SEO WordPress

Website sudah jadi, Konten sudah matang, hosting tangguh, lalu apa saja yang perlu untuk dilakukan selanjutnya agar banyak pengunjung?, simak berikut.

 

Submit ke Webmaster Tools

Dimana Webmaster Tools? jika website anda belum terdaftar di Webmaster Tools Search Engine daftarkan pada link berikut:

Setiap membuat artikel baru langsung submit ke Webmaster Tools.

 

Kesimpulan dari sesi ini Daftar di Webmaster Penting dan Perlu untuk website.

 

Kembali ke Konten

Konten baik artikel, gambar dan seluruh isi website haruslah banyak dan memberikan solusi bagi penggunanya serta mempunyai keunikan di Search Engine. Ingat kompetitor anda bukan hanya satu atau dua melainkan Jutaan, jadi terus update dan perbanyak konten yang berkualitas disamping membuat backlink ataupun promosi ke forum-forum dan sosial media yang juga mempunyai pengaruh penting untuk trafik website. Atur Title dan tag Meta Description dengan santai namun relevan.

Kesimpulannya perbanyak konten unik yang mampu meberikan solusi dan perkenalkan ke website yang lain atau bisa menggunakan media sosial.

 

Kesimpulan SEO

Dari artikel ini jika diurutkan dari atas maka akan menjadi list seperti ini:

  • Konten
  • Hosting
  • Webmaster Tools
  • Konten

Mengenai kalut yang ada di fikiran saat ini, percayalah itu tidak akan ada habisnya. Tetap pada fokus anda, bimbing Search Engine ke website anda dengan ketikan anda. Dan ingat tidak ada yang instan. Ada banyak penyedia jasa SEO saat ini dan tentu mereka punya trik rahasia, jika anda tak sabar anda bisa menggunakan jasa mereka yang bisa jadi mereka akan menyarankan beberapa hal yang sama seperti diatas. Atau anda akan sabar, belajar dan puas.




Share this post:

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *