Step by Step Membangun Website WordPress di VPS

membangun website wordpress di VPS

Artikel berikut ini merupakan ringkasan dari langkah-langkah cara membangun website WordPress pada Virtual Private Server (VPS) Unmanaged yang sebelumnya pernah saya share. Pada panduan ini menggunakan Linux CentOS, Nginx (Engine-X), MySQL dan PHP atau disingkat LEMP.

Saya berharap postingan ini akan memudahkan anda dalam belajar membuat website yang berjalan menggunakan VPS maupun Cloud Server dari artikel-artikel sebelumnya yang ada di idnetter.com.

Prasyarat

Berikut ini adalah spesifikasi Virtual Private Server (VPS) sebagai prasyarat untuk membangun website WordPress.

CPU Core 1
RAM 512MB
Swap 256MB
50 GB HDD
1 Dedicated IPv4

Membangun website WordPress

Step by step membangun website WordPress di VPS sebagai berikut.

1. Login via SSH Menggunakan Putty

Untuk dapat mengelola dan menginstall software-software untuk membangun website tersebut diperlukan akses SSH untuk mengelola server. Anda bisa memakai program Putty untuk dapat Login ke server sebagai root.

2. Menghubungkan Domain ke VPS

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan nama domain anda ke IP VPS agar nama domain anda dapat diakses melalui browser nantinya. Menghubungkan domain ke VPS membutuhkan waktu paling tidak 1×24 jam, selanjuntnya sambil menunggu anda bisa melakukan langkah berikutnya yaitu install LEMP.

3. Install LEMP (Linux CentOS, Nginx, MySQL dan PHP)

Setelah anda menyewa sebuah server VPS / Cloud Server biasanya sudah terinstall Operasi Sistem Linux, langkah selanjutnya adalah menginstall software-software yang diperlukan untuk membangun website dengan Script WordPress, dan yang anda butuhkan dari semua itu adalah LEMP.

4. Install WordPress

Sukses mengkonfigurasikan LEMP server adalah berita baik untuk menuju step berikutnya yaitu menginstall script WordPress. Dengan WordPress anda bisa memulai membuat posting, berbagi file, serta foto-foto produk.

5. Lain-lain

Kini anda mempunyai website WordPress yang online di server VPS, kita semua tahu website tak ada yang sempurna tapi kita akan memaksimalkan kinerja daripada server dan website WordPress itu sendiri dengan software dan plugin tambahan.

 

Konfigurasi, Software dan Plugin yang direkomendasikan diantaranya adalah:

Konfigurasi Firewall: Untuk keamanan server VPS anda

Mail Server: Agar website bisa untuk mengirim email

Yoast SEO: Untuk Optimisasi Mesin Pencari

W3 Total Cache: Mempercepat loading page website

 

Semoga bermanfaat.

One thought on “Step by Step Membangun Website WordPress di VPS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *