Cara Membersihkan dan Mengoptimalkan WordPress

Mengoptimalkan WordPress, Satu hal yang penting dalam mengelola website WordPress adalah membuatnya tetap cepat diakses, ringan dan bersih dari sampah. Sampah disini saya maksudkan untuk file-file yang tidak lagi digunakan, seperti gambar dan file-file yang tidak anda gunakan namun berada dalam server anda.

Cara Mengoptimalkan WordPress

Pada artikel ini akan kita bahas bagaimana cara membersihkan dan Mengoptimalkan website WordPress mulai dari membersihkan file sampai mengoptimalkan database WordPress anda agar tetap bersih dan membuat space pada server anda semakin lega. Tutorial akan dimulai dari membersihkan file-file yang ada di server hingga cara mengoptimalkan database WordPress anda. Berikut langkah-langkah untuk memulai.

 

Perlu diingat ada baiknya dan saya sarankan agar anda membackup website anda terlebih dahulu untuk keamaanan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Cara membackup WordPress pada VPS telah saya posting sebelumnya silahkan anda baca disini.

 

Hapus File Pada Server

Sudah waktunya untuk membuang yang tidak perlu, login melalui SSH, lihat file-file yang ada didirektori dokumen root anda dengan perintah berikut:

ls -lah

maka akan tampil nama-file-file yang ada pada dokumen root beserta size file tersebut.

Pilih file kemudian hapus, sebagai contoh dengan perintah rm berikut

rm nama_file.mp4

menghapus file-file yang berekstensi sama misalnya *.mp3

rm -*.mp3

kemudian ketik y dan enter sampai semua file terhapus.

menghapus folder dan seluruh isinya yang tidak lagi anda butuhkan dengan perintah berikut

rm -rf /nama/folder/

Langkah selanjutnya adalah menghapus unused image seperti yang saya jelaskan dibawah ini.

 

Hapus Gambar-gambar Yang Tak Terpakai

cara mengoptimalkan wordpress

WordPress otomatis meng-generate ukuran gambar untuk ukuran thumbnal, medium dan large size tanpa menghapus file gambar aslinya, tentu ini akan banyak space yang dibutuhkan mengingat 1 gambar yang anda upload akan menjadi 3 gambar thumbnail yang masing-masing punya ukuran berbeda.

Menghapus gambar yang tak terpakai terlalu rumit jika dilakukan manual, untuk itu perlu adanya plugin yang bisa menghapus file gambar baik thumbnail maupun file gambar yang asli tanpa repor menghpausnya satu persatu.

 

 

Plugin itu adalah Image Cleanup – Oleh Opicron

Meski sudah lama plugin ini tak diupdate hingga 2 tahun (saat artikel ini dibuat) namun plugin ini masih ampuh berjalan di WordPress 4.4.2 dan sangat efektif menghapus gambar-gambar unused di folder wp-content/upload.

 

Mengoptimalkan Database

Optimize database akan menghapus table database yang Overhead dan ini perlu paling tidak dilakukan dalam sebulan sekali atau tergantung kebutuhan, anda bisa memantau dan mengeksekusi dengan menggunakan Plugin WP-DBManager karya Lester ‘Gamerz’ Chan

 

Menginstall Plugin SEO WordPress

Dan yang terakhir adalah menginstall plugin ciamik karya Yoast, WordPress SEO by Yoast Settingan lengkap anda bisa ikuti disini. Pada sesi ini kita akan clean up tag Headnya saja yaitu sebagai berikut:

Pada settingan Yoast SEO > Advanced > Permalinks

Hide RSD Links – Centang
Hide WLW Manifest Links – Centang
Hide Shortlink for posts – Centang

Hide RSS Links – Biarkan

 

Catatan

Ada banyak cara atau plugin untuk mengoptimalkan kinerja website WordPress serta cara-cara untuk mengelola server diluar sana, tapi pada tutorial ini bisa anda coba pada website dan server anda sebagai pengetahuan tambahan dan pengingat bagi saya pribadi khususnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *