Membuat Logo Efek Kaca atau Cermin Dengan Photoshop

idnetter.com – Pemula, Membuat Logo Efek Kaca atau Cermin Dengan Photoshop, Tutorial ini sebenarnya sudah usang, tapi idnetter mencoba menyajikan di blog ini sebagai catatan pribadi dan untuk teman-teman yang baru belajar Photoshop, mari kita mulai tutorial Logo Efek Kaca dengan Blending Options -> Gradient Overley

 

1. Buat Document Baru

Buka Program Photoshop buat Document baru dengan cara klik File -> New dan setting seperti gambar dibawah ini, kemudian klik OK:

Gambar (1) - Buat Document Baru

2. Buat Sebuah Text

Aktifkan Horizontal Type Tool (T) atau dengan cara pencet huruf T pada keyboard. Kemudian buat sebuah kata disini saya contohkan logo “INDONESIA” menggunakan font Arial, style Black dan ukuran 48 pt.¬† Lihat Gambar (2) dibawah ini:

Gambar (2) - Text Indonesia

3. Duplikat Layer – CTRL+J

Kemudian Duplicate Layer dengan cara pencet CTRL+J Ini fungsinya sama seperti Copy/Paste Layer. maka otomatis pada panel layer akan muncul Layer baru dengan nama INDONESIA copy, setelah itu ubah warna Text tersebut menjadi putih dengan cara aktifkan Horizontal Type Tool (T) atau pencet huruf T pada keyboard lalu pada panel atas akan terlihat opsi untuk merubah warna.

Gambar (3)

Gambar (3.a) Ubah Warna

Kemudian Klik kanan panel Layer INDONESIA copy pilih Rasterize Type agar layer tersebut bisa di Crop nantinya lihat Gambar dibawah ini:

Gambar (3.b) Rasterize Type

Gambar (3.b) Rasterize Type

 

 

4. Crop

Kemudian select Layer INDONESIA copy, pada panel Tool pilih Rectangular Marquee Tool atau pencet huruf M pada keyboard kemudian tarik dari kiri-ke-kanan, atas-bawah pada text tersebut agar separuh dari text tersebut terselect dan usahakan pas ditengah-tengah seperti gambar dibawah ini:

Gambar (4)

Gambar (4.a)

Kemudian pencet tombol Del pada keyboard agar separuh dari text tersebut terhapus seperti gambar dibawah ini.

Gambar (4.b)

Gambar (4.b)

Berikan Opacity menjadi 33% lihat Gambar (4.c)

Gambar (4.c)

Gambar (4.c)

 

 

5. Transform

Langkah selanjutnya, kembali select Layer Text INDONESIA yang pertama, kemudian CTRL+J

lalu  CTRL+T Klik kanan pada area Text Indonesia kemudian pilih Flip Vertical lalu klik tombol centang di panel atas untuk apply. Setelah itu aktifkan Move Tool (V) dipanel Tool atau dengan cara pencet huruf V pada keyboard, Geser layer tersebut pada posisi bawah seperti Gambar (5.b).

Gambar (5.a)

Gambar (5.a)

Gambar (5.a)

Gambar (5.b)

 

6. Blending

Nah hampir selesai, Langkah selanjutnya klik kanan pada layer INDONESIA copy (layer text yang terbalik lihat Gambar 5.b). Kemudian pilih Blending Options.

Gambar (6.a)

Gambar (6.a)

Kemudian berikan efek Gradient Overlay, settingan seperti gambar dibawah ini, kemudian klik kiri pada mouse lakukan gerakan ke atas-bawah pada area kerja untuk menyesuaikan efek tersebut.

Gambar (6.b)

Gambar (6.b)

Nah jadinya seperti dibawah ini, lumayan kan buat pemula seperti saya sudah senang dengan logo yang penting ada efeknya hehe. Anda pun bisa mengganti warna pada Gradient Overlay menyesuaikan menyesuaikan background logo tersebut.

Gambar (6.c) - Selesai

Gambar (6.c) – Selesai

logo-efek-kaca_hijau

Terimakasih telah berkunjung di idnetter.com. Mohon maaf bila tutorial ini kurang jelas silahkan tanya melalui email saya di gungweb[at]gmail.com



Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *