Perbedaan Linux Fedora, RedHat & CentOS

Apakah anda bagian dari orang yang sering bingung dengan hubungan antara Fedora, Redhat, dan CentOS?. Apakah mereka perusahaan yang sama? Apakah semua itu adalah salah satu versi lain dari yang lain? Mana yang lebih up to date? Dan lain-lain.

Mana yang anda pilih?
Sehubungan dengan artikel Perbedaan Linux Fedora, RedHat & CentOS ini, maka anda akan mantap memilih mana distro Linux yang akan anda gunakan, baik untuk desktop maupun server. Secara singkat berikut adalah penjelasan secara visual dan sederhana yang sebelumnya telah dipublish oleh Daniel Miessler

Linux Fedora, RedHat & CentOS

perbedaan linux fedora redhat centos

Dari gambar diatas, diurutkan dari atas:

Fedora adalah proyek utama, gratis, distro berbasis communitity berfokus pada rilis cepat dari mulai fitur dan fungsionalitas baru.
Redhat adalah versi perusahaan berdasarkan kemajuan proyek itu, dan memiliki rilis lambat, dilengkapi dengan dukungan, dan tidak gratis.
CentOS pada dasarnya adalah versi komunitas Redhat. Sehingga cukup banyak identik, tetapi gratis dan dukungan berasal dari komunitas yang bertentangan dengan Redhat sendiri.

Untuk kesimpulan dari artikel ini, untuk saya pribadi suka dengan Fedora, karena mungkin itu sangat dekat dengan “Original”. Tapi, tetap yang saya install adalah CentOS -hahaha-.

Dan seperti yang saya kutip dari TuxRadar, jika anda ingin tahu apa distro linux yang digunakan oleh Linus Torvalds.

LXF: What distribution do you run?
LT: Fedora, on everything. I tried to run openSUSE, but I get so fed up at some of the things they do.

Bagaimana dengan anda sekarang? mudah-mudahan ini bermanfaat gan.



Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *