Theme WordPress dengan Microformats Gratis

microformats

Sederhananya, dengan Microformat membantu mesin pencari untuk mengenal konten website anda. Dengan menggunakan HTML microformat baik microformats v2 maupun microdata (Schema.org), maka website kita akan memiliki lebih banyak tayang di halaman hasil pencarian mesin pencari semisal Google dan Bing. Microformat juga sangat disarankan oleh para pakar SEO.

Contoh berikut ini menggunakan structured data markup microformats.org untuk menampilkan rating di Google Search Engine dengan menggunakan format hReview-aggregate

<div class="hreview-aggregate">
 <h3 class="item">
  <span class="fn">Gung Web</span>
 </h3>
 <span class="summary">idnetter~ tutorial theme WordPress Microformats.</span>
 <span><span class="rating">4.5</span> out of 5 
 based on <span class="count">17</span> reviews</span>
</div>

Dengan mengimplementasikan microformats diatas, maka data website akan tampil di Google (mesin pencari lain) dengan icon star beserta nilai rating website yang didapat dari user yang telah mereview sebelumnya, ini akan terlihat cantik dan menarik pengguna untuk memilih website anda.

Theme WordPress Microformat

Theme WordPress Microformats

Lebih banyak trafik dengan menggunakan Theme WordPress yang mengintegrasikan fungsi microformats (Structured Data). Berikut list theme WordPress yang menggunakan HTML microformats.

SanBox

Kolaborasi Scott Allan Wallick & Andy, Theme WordPress Sanbox ini menggunakan  hAtom, hCard, dan XOXO.

PrimePress

PrimePress WordPress Theme adalah tema wordpress untuk meningkatkan SEO yang mengimplementasikan Microformats. Oleh ravi Varma – TechTrot.com

Root

Roots adalah starter theme untuk developers berbasis HTML5 Boilerplate dan Bootstrap, Root menggunakan struktur data hCard dan hNews (direkomendasikan oleh Readability Article Publishing Guidelines).

SemPress

Mendukung microformats include hAtom, hCard, XFN, rel-tag and microformats 2. Oleh Matthias Pfefferle.

Thematic

Dari ThemeShaper.com, Thematic adalah tema WordPress yang dibangun dengan hAtom, dioptimalkan untuk penggunaan dengan child-theme dan sebagian berdasarkan tema Sandbox.

 

Selain themes WordPress di atas, anda juga bisa mencari tema-tema dengan struktur data microformat di situs resmi WordPress.org dengan keyword: “microformat”.

Update:

Dari semua theme WordPress diatas saya pribadi memilih Sanbox dan Root Theme, karena jika ingin desain ulang tak terlalu repot dan tak banyak file yang harus diedit SemPress. Baca idnetter.com ganti tema.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *