Alasan Mengapa Anda Harus Memilih VPS Linux Dibanding Shared Hosting

Apakah saat ini situs website yang Anda miliki masih berada pada layanan hosting bersama (shared hosting)? Atau Anda merupakan seorang pemula yang baru saja memulai perjalanan karir digital Anda? Jika ya, mungkin Anda belum menyadari manfaat tersembunyi yang akan Anda dapatkan apabila Anda memilih layanan VPS untuk situs website Anda daripada menggunakan platform lainnya.

Dalam memilih layanan web hosting bisa jadi merupakan pekerjaan yang membosankan bagi sebagian besar orang. Namun apabila Anda memilihnya dengan asal – asalan, hal ini tentu akan merusak situs website Anda.

Tetapi ada hal lain yang patut Anda khawatirkan setelah Anda memilih penyedia hosting yaitu tentang hosting mana yang harus Anda pilih? Anda mungkin berpikir bahwa ini bukanlah hal yang serius. Tapi itu sama pentingnya ketika Anda akan memilih sebuah perusahaan.

Sebagian besar dari Anda lebih suka membeli paket hosting bersama (shared hosting) hanya karena sifatnya yang terbilang murah. Saya disini ingin Anda mengerti mengapa Anda harus membeli VPS daripada menyewa satu tahun lagi layanan bersama atau shared hosting.

Apa ada alasannya? Ayo cari tahu sekarang.

VPS Lebih Banyak Kontrol Dibanding Shared Hosting

Semua orang tentunya menginginkan menjadi seorang ahli di situs website mereka. Tetapi Anda tidak bisa mewujudkannya apabila Anda menggunakan paket shared hosting. VPS alias Virtual Private Server menawarkan lebih banyak pilihan kontrol daripada shared hosting.

Ketika Anda menggunakan shared hosting, Anda tidak harus berurusan dengan perintah di terminal. Hanya ada dua hal yang harus Anda selesaikan yaitu menghubungkan DNS server dan menginstal CMS (Content Management System).

Meskipun demikian, perintah melalui terminal Linux merupakan sesuatu nilai tambah. Anda mungkin harus melakukan sesuatunya sendiri. Dan sebenarnya, Anda tidak perlu menjadi seorang ahli untuk melakukan ini.

Jika tidak ingin melakukannya secara manual, Anda juga dapat membeli paket VPS managed.

VPS Memiliki Sumber Daya Lebih

Shared hosting bisa diibaratkan seperti kamar hotel yang ramai. Anda akan berbagi kamar dengan orang banyak. Sebagian dari orang tersebut mungkin dapat mengganggu Anda ketika Anda ingin menyelesaikan sesuatu yang penting. Dan Anda bahkan tidak dapat menggunakan kamar mandi sesuai kebutuhan Anda.

Perusahaan penyedia layanan hosting menetapkan ribuan situs website (termasuk milik Anda) di satu server shared hosting. Jika salah satu situs website yang ada di dalam server tersebut, memiliki traffic website yang tinggi, tentunya hal ini akan menyeret sebagian besar kinerja RAM dalam server tersebut. Pada akhirnya, situs lain hanya bisa menggunakan jumlah RAM yang tersisa saja.

Tetapi VPS berbeda, mereka menyimpan sejumlah kecil situs website di dalam server. Setiap orang diberi batasan. Jika batas RAM situs website Anda adalah 2 GB, Anda tidak boleh melebihi batas yang sama. Dengan begitu, Anda memiliki hak yang sama tanpa mengganggu situs website lain.

VPS Lebih Cepat & Optimal Untuk Mesin Pencari (Google)

Banyak blogger yang berpenghasilan tinggi tanpa konten yang bagus. Menurut pendapat beberapa orang, jika konten diibaratkan sebagai raja, maka SEO bisa diibaratkan sebagai Tuhan. Dengan perumpamaan tersebut bisa disimpulkan bahwa betapa pentingnya penggunaan SEO dalam blogging.

Hosting website memiliki peran yang jelas dalam SEO. Kemungkinan situs website Anda bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dengan hosting website yang bagus.

Kecepatan, keamanan, dan waktu aktif (uptime) situs website Anda merupakan beberapa faktor yang tidak dapat dihindari. Untungnya, mereka dikendalikan oleh perusahaan penyedia layanan hosting. Layanan VPS linux ubuntu adalah salah satu yang terbaik saat kami mempertimbangkan ketiga istilah ini.

Selain itu, Anda juga mendapatkan IP khusus. Itulah mengapa saya mengatakan bahwa VPS lebih dioptimalkan untuk mesin pencari seperti Google.

Jaminan Keamanan Yang Lebih Baik

Keamanan sangat penting bagi para pemilik situs website mana pun. Peretas berkeliaran di luar sana. Anda tidak dapat memprediksi kapan para peretas ini datang dan ternyata menargetkan situs website Anda.

Jika mereka menemukan celah keamanan, tanpa berpikir panjang mereka akan langsung meretas situs website Anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Oleh karena itu, penting sekali untuk tetap aman.

Saat Anda mendapatkan lebih banyak pilihan kontrol, Anda dapat mengamankan server seperti yang Anda inginkan. Dan tidak banyak situs website yang dihosting dalam VPS. Jadi kemungkinannya kecil situs website terkena malware di server VPS Anda.

Keuntungan terbesarnya adalah situs website Anda tidak akan terpengaruh jika malware menyerang salah satu situs website di server VPS Anda.

VPS Mudah Diatur

Memang benar VPS perlu disiapkan. Namun jangan berpikir bahwa menyiapkan VPS hanya untuk para ahli saja. Sudah banyak panduan – panduan tentang penggunaan VPS yang tersedia. Anda dapat membacanya terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan.

Atau Anda bisa membeli paket VPS managed (VPS yang dikelola oleh penyedia hosting). VPS biasa yang unmanaged, Anda harus melakukan instalasi perangkat lunak, administrasi sistem, konfigurasi, dan lain sebagainya.

Tetapi dalam VPS managed, penyedia layanan hosting Anda akan melakukan segalanya untuk Anda. Dan Anda tetap akan mendapatkan semua keuntungan memiliki VPS.

Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah berhati-hati saat memilih penyedia dan paket VPS yang ditawarkan. Pilihlah VPS linux terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda yang sudah terbukti handal, baik dari segi performa maupun keamanannya, seperti VPS Linux yang ditawarkan oleh Exabytes.

Exabytes merupakan perusahaan penyedia layanan hosting yang menawarkan paket hosting VPS Linux SSD managed dengan 100% SSD super cepat, prosesor dengan performa yang tinggi dan penyetingan (setup) dalam hitungan menit saja. Dipastikan situs website Anda akan berjalan dengan lancar tanpa mengalami hambatan.

Terdapat Pilihan OS Windows & Linux

Apakah Anda lebih menyukai VPS yang berbasis Linux atau VPS dengan OS Windows? sistem operasi yang akan Anda gunakan di VPS sepenuhnya adalah pilihan Anda. Entah itu Red Hat, CentOS, Ubuntu, atau apapun, VPS tetap memberikan Anda kebebasan untuk memilih tools dan sistem operasi yang Anda butuhkan.

Performa Lebih Baik

Anda dapat memiliki semua sumber daya dan keamanan di dunia, tetapi yang paling diperhatikan oleh pengunjung Anda adalah seberapa lancar situs website Anda dapat berjalan dengan lancar. Hal-hal seperti jumlah bandwidth yang Anda dapatkan akan bervariasi dari satu paket ke paket lainnya, sementara waktu aktif (uptime) berbeda tergantung pada penyedia layanan hosting yang Anda pilih.

Penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah dari semua pengguna internet mengharapkan halaman website dimuat dalam dua detik atau kurang. Dengan pemikiran tersebut, Anda pasti ingin membuat rencana yang dapat menangani gelombang traffic yang lebih besar, tanpa mengorbankan kecepatan waktu loading.

Dalam hal performa, VPS dapat mengungguli layanan shared hosting. Biasanya Anda mendapatkan lebih banyak bandwidth, dan lebih siap untuk menangani lonjakan traffic. Shared hosting akan baik-baik saja untuk situs website kecil tanpa volume pengunjung yang besar. Namun waspadalah terhadap peningkatan yang mendadak, dimana hal ini akan mempengaruhi kinerja dari situs website itu sendiri.

Skalabilitas

Cara melihat hosting VPS vs shared hosting adalah dengan memutuskan apa harapan Anda. Jika Anda memiliki situs website kecil yang hanya mendapatkan beberapa ratus pengunjung per minggu, dan Anda tidak berencana untuk meningkatkan terlalu banyak, shared hosting adalah pilihan yang tepat.

Namun masalah akan datang ketika situs website Anda mulai berkembang. Dimana jumlah pengunjung Anda semakin hari kian bertambah. Apabila Anda memaksakan untuk tetap menggunakan layanan shared hosting, tentunya hal ini akan berdampak buruk bukan hanya pada situs website Anda saja namun akan berdampak juga pada situs website lain yang berada pada server yang sama.

Dalam hal skalabilitas, tentunya hosting VPS menang lagi. Seperti yang kami katakan, shared hosting memiliki banyak kelebihan untuk situs website pribadi atau perusahaan kecil. Tetapi jika Anda ingin menskalakan tanpa khawatir situs website Anda lambat saat diakses, hosting VPS adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Kesimpulan

Dengan teknologi internet yang terus meningkat, dan semakin banyak bisnis yang memanfaatkan kekuatan internet untuk meningkatkan eksposur mereka, ada kebutuhan untuk menggunakan server virtual. Meskipun terdapat paket hosting yang lebih murah seperti shared hosting, hal ini tentunya akan berimbas buruk terhadap fungsi situs website Anda apabila traffic situs website Anda terus meningkat.

Dengan banyaknya kelebihan yang ada, VPS jauh lebih unggul dengan fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih mudah saat Anda mengembangkan bisnis. Selain itu, rendahnya biaya dalam penggunaan VPS membuat pilihan ini sangat terjangkau untuk sebagian besar perusahaan yang ada.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus memilih VPS Linux dibandingkan dengan Shared hosting. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda.

Share for thank

Donate rate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *