Theme WordPress Microformat Untuk Lebih SEO

Website WordPress lebih banyak traffic dengan menggunakan Theme WordPress yang mengintegrasikan fungsi microformat. Berikut list Theme WordPress yang menggunakan struktur data microformats untuk website lebih SEO.

Tentang Microformat

Microformat (kadang-kadang disingkat μF) adalah pendekatan berbasis web untuk markup semantic yang ditujukan untuk re-use tag HTML / XHTML untuk menyampaikan metadata dan atribut lainnya di halaman web dan konteks lain yang mendukung (X) HTML seperti RSS. Pendekatan ini memungkinkan perangkat lunak untuk memproses informasi yang ditujukan untuk pengguna akhir (seperti informasi kontak, koordinat geografis, peristiwa kalender, dan informasi sejenis) secara otomatis.

Sederhananya, dengan Microformat (Web Semantik) membantu mesin pencari untuk mengenal konten website anda, jika website cepat dikenal mesin pencari maka cepat pula situs anda diindek, yang tak menutup kemungkinan akan berada di halaman pertama pada mesin pencarian. Microformat juga sangat disarankan oleh para pakar SEO.

Contoh berikut ini menggunakan struktur data microformats.org untuk menampilkan rating di Google Search Engine dengan menggunakan skema hReview-aggregate

<div class="hreview-aggregate">
 <h3 class="item">
  <span class="fn">Gung Web</span>
 </h3>
 <span class="summary">idnetter~ tutorial theme WordPress Microformats.</span>
 <span><span class="rating">4.5</span> out of 5 
 based on <span class="count">17</span> reviews</span>
</div>

Dengan kode diatas, maka website akan tampil di Google dengan icon star, ini akan terlihat cantik dan menarik pengguna untuk klik link ke website anda.

Hasil

Theme WordPress Microformat

 

Theme WordPress Microformats

Berikut ini adalah kumpulan Theme WordPress yang mengintegrasikan fungsi microformat ke website, salah satu dari beberapa implementasi Microformats.

SanBox

Kolaborasi Scott Allan Wallick & Andy, Theme WordPress Sanbox ini menggunakan  hAtom, hCard, dan XOXO.

PrimePress

PrimePress WordPress Theme adalah tema wordpress untuk meningkatkan SEO yang mengimplementasikan Microformats. Oleh ravi Varma – TechTrot.com

Root

Roots adalah starter theme untuk developers berbasis HTML5 Boilerplate dan Bootstrap, Root menggunakan struktur data hCard dan hNews (direkomendasikan oleh Readability Article Publishing Guidelines).

SemPress

Mendukung microformats include hAtom, hCard, XFN, rel-tag and microformats 2. Oleh Matthias Pfefferle.

Thematic

Dari ThemeShaper.com, Thematic adalah tema WordPress yang dibangun dengan hAtom, dioptimalkan untuk penggunaan dengan child-theme dan sebagian berdasarkan tema Sandbox.

Anda juga bisa mencari tema-tema WordPress dengan struktur data microformat di situs resmi WordPress.org dengan keyword: “microformat”.

Dari semua theme WordPress diatas saya pribadi memilih Sanbox dan Root Theme, karena jika ingin desain ulang tak terlalu repot dan tak banyak file yang harus diedit.

Selamat mencoba.




Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *