Tutorial

Cara menghapus Yahoo! Powered dan virus sejenisnya.

Virus Yahoo! Powered (Yahoo Redirect) ini, adalah sama saja dengan virus sejenis auto open spam sites (secara otomatis membuka situs spam) ketika membuka browser. Program jahat ini biasanya terpasang pada system ketika Anda menginstall suatu software dimana software tersebut di bundle didalamnya.

Atau ketika memasang suatu program, terdapat pilihan checklist untuk menginstall program lain, yang sejatinya ini adalah virus, dan seharusnya kita uncheck terlebih dahulu sebelum melanjutkan.

Pada akhirnya ketika kita ingin memutuskan untuk menghapusnya dari system, kita tidak ada opsi untuk itu. Kita tidak bisa menghapusnya atau uninstall dari Programs and Features seperti normalnya, sangat menjengkelkan.

Oleh sebab itu hati-hati memasang aplikasi atau program pada komputer, terlebih software crack (bajakan) dan software lain yang belum jelas developernya.

Dimana kasus ini terjadi ketika saya menginstall Cam Studio sebuah software screen recording gratis dari camstudio.org. (Sebaiknya hati-hati sebelum menginstall Cam Studio, jika Anda sangat ingin menginstallnya maka, perhatikan setiap step by stepnya)

Dan tutorial ini akan memandu Anda bagaimana cara menghapus atau uninstall virus Yahoo! Powered dan virus sejenis yang biasanya otomatis membuka website spam ketika menjalankan aplikasi browser.

Pada kasus, komputer terinstall Windows 8 apapun versinya baik windows 7 / 8 atau windows 10 dan yang terbaru, letaknya file virus ini tidak jauh-jauh dari C:\Users\namaComputer\AppData.

Tapi jika komputer sudah di restart, kemungkinan terjadi virus tersebut sudah menyebar di dalam direktori C dan D.

Anda mungkin membutuhkan antivirus yang terpercaya dan segera melakukan scan virus. Sebagai pengalaman saya menggunakan anti virus ESET (trial) dan Avast free.

1. Mencari Registry

Sekarang buka regedit Caranya, tekan tombol windows + R kemudian ketik regedit Enter dan cari: Yahoo! Powered caranya tekan tombol Ctrl+F.

Cari terus (next) dengan cara tekan tombol F3 sampai ketemu registry seperti dibawah ini:

Virus Yahoo Powered

 

2. Buka Explorer

Arahkan ke C:\Users\idnetter\AppData\Local\ (ganti idnetter dengan nama user komputer Anda.)

Hapus folder {9401A25D-B0A9-CEE5-DD31-EB0DF9591795} (tiap komputer berbeda registrynya jadi cari yang mirip seperti ini) hapus dengan cara tekan tombol Shift+Del bersamaan, cara ini agar file dihapus secara permanen tidak masuk ke Recycle bin (tong sampah).

Selanjutnya hapus folder Debodebeci (pada komputer anda mungkin namanya beda lihat hasil registrynya) beserta isinya letaknya ada di C:\Users\idnetter\AppData\Roaming

3. Hapus Registry

Yang terakhir hapus folder registrynya lihat gambar.

Virus Yahoo Powered

Buka Program dan features, sudah hilang bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *