Daftar DNS Hosting Gratis

Daftar penyedia layanan DNS hosting gratis dibawah ini beberapa sudah saya coba, tapi karena sudah lelah coba-coba, ya akhirnya saya jadikan postingan agar siapa tahu kelak kalau butuh lebih mudah dan tidak perlu browsing berulang-ulang.

Penjelasan dibawah ini sekedar pengingat saja.

Apa itu DNS?

DNS kepanjangan dari Domain Name System pengertian singkatnya adalah sebuah teknologi penerjemah nama domain menjadi alamat IP. Misalnya, mengunjungi nama domain idnetter.com di browser, maka system akan secara otomatis mencari alamat IP yang sesuai dengan nama domain idnetter.com.

Daftar DNS gratis

Hurricane Electric Internet Services

HE.net DNS hosting gratis ini juga mendukung IPv6, fitur lainnya saya paste dibawah ini:

  • Support A, AAAA, CNAME, CAA, MX, NS, TXT, SRV, SSHFP, SPF, RP, NAPTR, HINFO, LOC and PTR records
  • Smart mode IPv4 and IPv6 reverse zones simplifies reverse zones.
  • Slave support
  • Multiple reverse zone formats: Standard, RFC 4183, RFC 2317, DeGroot.
  • Geographically diverse servers.
  • Sanity checking for delegation for both forward and reverse zones.
  • Basic syntax checking for fields.
  • Multiple domains per account.

Batasanya untuk penggunaan domainnya cukup banyak yakni 50 domain.

CloudFlare

Key features pada akun gratis

  • Unmetered Mitigation of DDoS
  • Global CDN
  • Shared SSL certificate
  • 3 page rules

Daftarnya mudah, dapet SSL gratis pula tapi aktivasi SSLnya lumayan lama, jadi kalau situs sebelumnya sudah diset https tapi sertifikat SSL di CloudFlare statusnya belum active, maka koneksi protokol https sementara akan error. Soalnya pernah coba waktu lalu, selain dasbornya impresif, menu pengaturan fitur-fiturnya dapat dengan mudah diakses melalui navigasi ciamik nan simple.

Satu lagi yang membuat cloudflare semakin populer adalah tidak ada jumlah batasan nama domain pada akun CloudFlare walaupun pada level gratis.

Oh iya untuk website baru sebaiknya proteksinya di offkan saja, pada menu Firewall > kolom Security > pilih Essentially off. Karena menurut saya ini kurang bagus untuk menggaet trafik, jadi kalau ada pengunjung website yang reputasi IPnya dianggap CloudFlare kurang bagus, maka pengunjung akan disuguhi captcha dan visitor tidak menginginkannya. Sama sekali!.

DigitalOcean

Untuk dapat menikmati layanan DNS hosting gratis dari DigitalOcean ini harus punya akun DigitalOcean dan sudah order Droplet terlebih dahulu. Penggunaanya mudah, cukup Add domain dan langsung arahkan namesernya ke ns1, ns2 sampai ns3.digitalocean.com. Bisa custom domain/Branded nameserver/Vanity nameserver juga jadi ns1, ns2, n3.domainkita.com. Mantap.

Bisa menambahkan record lain, A, CNAME dan lain-lain, misalnya untuk eksternal email server, seperti idnetter.com memakai email hosting gratis dengan custom domain dari zoho.com

ClouDNS

Versi gratisnya hanya untuk 3 DNS server, tapi DNS record atau requestnya unlimited.

NS1

Pada tarif $0.00 yang artinya gratis, ini yang didapat:

  • 500k Queries
  • 50 Records
  • 1 Monitor 60 Sec.
  • Monitoring Intervals
  • 1 Filter Chain

FreeDNS – Afraid.org

Yang pasti fiturnya: Free DNS, Dynamic DNS, Static DNS services, support for CNAME, A, AAAA, MX, NS, TXT, LOC, RP, HINFO, SRV, CAA records dan lainnya yang tidak memungkinkan untuk dipaste semua disini. Dan ciamiknya bisa branding nameserver seperti DO dan he.net.

GeoScaling

Layanan gratis managed DNS hingga 1 juta lebih DNS request pe bulan. Fitur standarnya : record TTL rendah atau kurang dari lima menit, Redundansi dan skalabilitas yang dijamin oleh nameserver di tiga negara. Suport sebagian besar type record pada umumnya seperti CNAME A, AAAA dan lain-lain.

1984Hosting

Ini seperti nama tanggal kelahiran seseorang :-D. Meskipun juga provider hosting 1984 tidak mengharuskan membeli produk mereka untuk dapat menikmati layanan DNS gratis. Fiturnya senada seperti provider DNS gratis lainnya, kecuali PTR/Reverse zones, sebagian besar support type record DNS.

Dynu

Provider ini sudah beroperasi sejak 1997. Langsung cek TKP saja.

Sementara hanya sembilan daftar provider DNS hosting gratis pada postingan ini, jadi penyedia layanan mana yang akan Anda gunakan?

5/5 (2)

Please rate this

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *