12 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Meningkatkan Rangking Website

Artikel ini memuat daftar plugin SEO WordPress terbaik yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan rangking website atau blog di search engine. Daftar ini dibuat menurut pilihan saya pribadi dan juga mengacu pada hasil rating dari pengguna di situs resmi wordpress.org.

Daftar Plugin SEO WordPress Terbaik

Yoast SEO

Plugin SEO WordPress paling populer, digunakan oleh situs-situs besar dan telah didownload lebih dari 50 juta pengguna aktif. Tersedia banyak fitur gratis seperti: XML Sitemap, Breadcrumb, optimasi RSS dan lain-lain.

Ketika membuat posting baru, plugin ini akan bekerja menganalisa artikel / konten yang sedang dibuat, seperti title, tag meta description, slug (permalink), focus keyword yang relevan dan tingkat kenyamanan saat dibaca, sehingga dapat membantu untuk membuat konten yang berkualitas dan SEO friendly.

 

All in One SEO Pack

Popularitasnya masih di bawah Yoast SEO saat ini. Fiturnya yang masih kalah “gratis” dibanding Yoast mungkin menjadikan alasan, untuk mendapatkan fitur lebih dibutuhkan upgrade ke versi pro. Namun istimewanya plugin ini memberikan dukungan integrasi SEO untuk website e-commerce termasuk WooCommerce.

 

Google XML Sitemap

Untuk menggenerate XML sitemap yang selanjutnya bisa di submit ke Webmaster Console.

Untuk pengguna Yoast SEO plugin, tidak perlu menginstall plugin ini, sebab fitur ini sudah ada.

 

Accelerated Mobile Page

Plugin AMP untuk WP secara otomatis menambahkan fungsi Accelerated Mobile Pages (Google AMP Project) ke situs WordPress. Di search engine result page akan muncul icon petir yang menandakan website dalam mode AMP. Permalinknya terbentuk otomasis berakhiran /amp/.

 

W3 Total Cache

Plugin ini bekerja untuk meningkatkan kecepatan loading halaman. Membuat website lebih cepat diakses merupakan salah satu faktor penting untuk mendapatkan rangking di search engine.

W3 Total Cache support Accelerated Mobile Page (AMP), selain kompatible di shared, VPS serta dedicated hosting, hal ini yang membuat saya memasukkan daftar plugin SEO terbaik dibanding plugin cache yang lain.

 

Redirection

Plugin untuk memanajemen link redirect 301. Penggunaanya mudah, serta bisa memonitor berapa hits link yang dialihkan.

 

Secara otomatis menambah rel=”nofollow” pada tiap link eksternal, bahkan untuk link pada postingan terdahulu. Tidak hanya nofollow, anda juga bisa menambahkan atribut external dan nopenner pada link yang anda inginkan. Opsi lainya yaitu anda dapat menambahkan link/domain untuk dimasukkan dalam daftar pengecualian.

 

Membuat link internal untuk keyword tertentu yang akan di arahkan ke post, page, tag dan category. Cara kerjanya, otomatis.

 

All In One Schema Rich Snippets

Menampilkan ringkasan website di halaman hasil mesin pencarian dalam format yang interaktif, misalnya rating produk dengan icon bintang yang tampil begitu menonjol di halaman hasil penelusuran mesin pencari.

Jika themes WordPress sudah support microformats atau microdata Schema.org anda mungkin tidak membutuhkan ini.

 

Schema dan Schema Review

Menambahkan markup data terstruktur schema.org dalam format JSON-LD (format yang direkomendasikan) secara otomatis.

Schema Review merupakan tambahan dari plugin Schema, tapi yang ini khusus untuk menampilkan rating dari review author saja.

Sebagai saran, kalau memilih yang ini, tidak perlu install All In One Schema Rich Snippets.

 

WP SEO Keyword Optimizer

Menampilkan data website dari Webmaster Console pada Dashboard admin, menggunakan plugin ini harus punya akun Google.

 

ShortPixel Image Optimizer

Untuk mengoptimalkan gambar dan dokumen pdf.

 

Kesimpulanya, jika anda sudah mempunyai konten yang bagus, saatnya sekarang untuk optimasi website dengan plugin SEO WordPress terbaik di atas.

4.67 of 5

from 3 ratings

8 thoughts on “12 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Meningkatkan Rangking Website

  • Hi mas Omar

    Nambahin satu gan, Broken Link Checker.

    Btw CMIIW, ShortPixel itu klo g salah ada limit per bulannya y? Pernah pake sendiri mas?

    1. Wah makasih tambahannya, iya ShortPixel freemium sepertinya begitu mas, saya lupa pernah pakai atau ngga :-D. Tapi sekarang pakai EWWW Image Optimizer baru aja bulan ini, belum saya pelajari juga. Kalu dulu-dulu manual pakai Photoshop.

      Edit: ternyata EWWW image Optimizer ini versi ampuhnya juga berbayar 😀 saya akan mencari plugin alternatif lah, soalnya blog kecil blm kuat pakai yg bayar2.

      1. Padahal enakan pake tools online sebenernya, cuma enak aja pake plugin bisa otomatis. Kebanyakan plugin yang bagus2 freemium kyknya, entah itu ada kuota bulanan atau dihitung total gambar yang di-optimize.

        Btw kalau lagi nyari alternatif, saya lagi coba resmush.it, dah sebulan ini pake lumayan bagus n’ limitnya juga bersahabat (asal gambarnya gak lebih dari 5MB). Kalau pake yang bayar saya juga lewat, dibanding IDNETTER masih lebih kecil lagi soalnya 🙂

          1. Aaahh, saya juga sebelumnya pake itu, bagus-bagus itu plugin buatannya WPMU DEV.

            Cuma sayang kalau versi gratisnya WP SMUSH nggak optimal kompresinya. Soalnya gambar saya ada beberapa yang selalu ‘kena sidak’ suruh dioptimasi kalau lagi speed test. Dan CMIIW, kalau lihat di dasbor pluginnya, klo gak salah ada deh rekomendasi upgrade ke Pro supaya tingkat kompresinya lebih maksimal.

            (btw klo ngebahas topik ini bisa panjang banget, bisa buat ide tulisan juga ini)

          2. tepat, reSmush.it memang paling top mas Syafiq, thanks atas infonya. Ini baru saja saya install. Gak ada limitasi image sebelumnya yg mau dikompres, kualitasnya jg bs diset sendiri, mantap.

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *