Plugin Table WordPress Terbaik

idnetter.com mencoba untuk memberi informasi seputar plugin-plugin WordPress terbaik yang pernah diinstall di website idnetter agar para pengunjung setia website ini menghemat waktu dalam mencari plugin yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website agar semakin bagus dan mampu bekerja optimal di mesin pencari Google, Yahoo dan lainya.

Kali ini ada dua Plugin Table WordPress Terbaik untuk membuat table pada website yang menggunakan CMS WordPress yaitu TablePress By Tobias Bäthge dan MCE Table Button By Paweł Rabinek. Intinya dari kedua plugin ini fungsinya untuk membuat table didalam post. Mana yang perlu diinstall? Keduanya saya install karena masing-masing plugin table WordPress ini mempunyai fitur yang berbeda. Apa saja fiturnya? mari disimak.

TablePress

TablePress memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat dan mengelola tabel yang indah. Anda dapat menanamkan tabel ke dalam posting, halaman, atau widget teks dengan Shortcode. Tabel data dapat diedit dalam antarmuka speadsheet-like sehingga tidak ada coding diperlukan. Tabel dapat berisi jenis data, bahkan formula yang akan dievaluasi. Sebuah perpustakaan JavaScript tambahan untuk menambahkan fitur seperti penyortiran, pagination, penyaringan, dan lebih bagi pengunjung situs. Tabel dapat diimpor dan diekspor dari / ke Excel, CSV, HTML, dan file JSON.

 

Membuat Table Dengan TablePress

Untuk membuat Table, misalnya table pricelist / Daftar Harga, Plugin ini mampu untuk import/eksport file dari / ke .CVS yang sebelumnya agan buat di Microsoft Excel atau program lain seperti OpenOffice.org. Namun jika agan ingin membuat table secara online melalui Dashboard Admin, plugin TablePress juga menyediakan form untuk membuat table secara online melalui Menu Admin Dashboard TablePress > Add New Table. Berikut Screenshotnya:

plugin table wordpress screenshot all table
“All Tables” screen – by TablePress WordPress Plugin
"Add New Table" screen - by TablePress WordPress Plugin
“Add New Table” screen – by TablePress WordPress Plugin
"Import Table" screen - by TablePress WordPress Plugin
“Import Table” screen – by TablePress WordPress Plugin
"Export Table" screen - by TablePress WordPress Plugin
“Export Table” screen – by TablePress WordPress Plugin

Plugin ini sangat cocok untuk website yang membutuhkan sebuah table yang mampu import dan eksport data baik dari file .CSV, HTML, dan JSON, misalnya untuk membuat/insert table daftar harga dalam post, table untuk data-data pelajar (website Sekolah, Universitas dll). Demo : Daftar Harga VPS Murah Indonesia

Cara Insert Table

Untuk insert Table kedalam post agan cukup memasukkan shortcode dengan ID Table yang sesuai dengan table yang agan ingin tampilkan contoh shortcode:

[table id=<ID> /]

Keterangan: ganti =<ID> dengan ID Table / angka misalnya =1. Atau agan juga bisa insert table melalui button/icon TablePress di pojok kanan pada form saat membuat Post.

 

MCE Table Buttons

Sebuah plug-in yang ringan untuk menambah kontrol editing Table dengan versi lengkap dari TinyMCE, dioptimalkan untuk WordPress. Plugin ini lebih sederhana, mirip seperti saat agan insert table di Microsoft Office.

MCE Table Buttons
The editor with the new table editing controls in WordPress 3.9 or newer – MCE Table Buttons

 

Membuat Table dengan MCE Table Buttons

Cukup dengan klik Button Table pada saat membuat post maka opsi insert table akan tampil, kemudian agan bisa langsung pilih berapa banyak row table dan column yang agan butuhkan, Simple dan sangat berguna!.

Modif CSS Style Table

Defaultnya plugin ini tanpa style, jadi saat agan membuat / insert table kode yang dihasilkan berupa kode HTML tanpa class seperti contoh dibawah ini:

<table>
  <tr>
    <td>No</td>
    <td>Nama</td>
    <td>Alamat</td>
  </tr>
  <tr>
    <td>1</td>
    <td>Ahmad</td>
    <td>Desa Babulang Kec. Kalianda</td>
  </tr>
  <tr>
    <td>2</td>
    <td>Somad</td>
    <td>Desa Kekiling Kec. Kalianda</td>
  </tr>
  <tr>
    <td>3</td>
    <td>Syahid</td>
    <td>Desa Penengahan Kec. Kalianda</td>
  </tr>
</table>

 

Contoh CSS style untuk single post:

.single table {margin: 10px 0;}
.single table tr td {padding: 3px 5px; border: 1px solid #eee;}
.single table tr td:first-child {}
.single table tr td:last-child {}

 

Hasilnya:

NoNamaAlamat
1AhmadDesa Babulang Kec. Kalianda
2SomadDesa Kekiling Kec. Kalianda
3SyahidDesa Penengahan Kec. Kalianda

Selesai. Selamat mencoba gan.

5/5 (1)

Please rate this

Related Posts

5 thoughts on “Plugin Table WordPress Terbaik