Plugin WordPress wajib install

Daftar plugin WordPress wajib install untuk meningkatkan kinerja dan rangking website WordPress di Search Engine – (SEO).

Yoast SEO

SEO akan menjadi rumit jika kesemuanya dilakukan manual, dengan banyaknya fitur SEO gratis dari Yoast menjadi mudah. Contohnya saja, analisis skor search engine, sitemap, breadcrumb, auto generate meta description dan lain-lain.

Download plugin Yoast SEO

Redirection

Untuk mengelola link-link yang bisa secara otomatis maupun manual. Otomatis misalnya ketika melakukan perubahan permalink tipe POST dan halaman. Ataupun mengarahkan link 404 ke target post yang dikehendaki.

Download plugin Redirection

AMP

Project AMP didesain untuk pengguna mobile, jadi ketika saat ini banyak pengguna gadget mobile dan situs mendukungnya, maka Search Engine kemungkinan akan mempertimbangkan untuk menampilkannya di halaman depan, yang link dan halamanya dalam format AMP.

Download plugin AMP

Glue for Yoast SEO & AMP

Fungsinya agar plugin Yoast SEO kompatibel dengan plugin AMP

Download Glue for Yoast SEO & AMP

Fungsinya agar setiap link ekternal otomatis ditambahkan parameter rel=nofollow

Download Nofollow for external link

CAOS for Analytics

Caos for Analytics untuk mengoptimalkan kode Google Analytics (menyimpan kode analytics di localhost), dapat memberikan skore baik untuk kecepatan web.

Download plugin CAOS for Analytics

Autoptimize

Autoptimize adalah alat kompresi HTML, CSS dan Javascript agar web sedikit lebih kencang.

Download plugin Autoptimize

Akismet Anti-spam

Proteksi spam, agar situs kita tidak menjadi sarang spam yang dapat membuat lambat karena memenuhi database.

Download plugin Akismet Anti-spam

WP Mail SMTP by WPForms

Plugin WP Mail SMTP by WPForms ini sebagai pengganti fungsi PHP mail() yang kebanyakan sudah didisable oleh berbagai provider hosting. Dengan WP Mail SMTP, server dapat disetting menggunakan server email keluar pihak ketiga dan dapat mengirim email, misalnya: notifikasi komentar dan submit formulir kontak. Jadi kita bisa segera mengapprove komentar, dengan begitu konten pada postingan terbarui yang siapa tahu menjadi tambahan keyword.

Download WP Mail SMTP

Auto Updater

Dengan plugin Auto Updater, Core, Plugin dan Theme akan otomatis diupdate. Jadi tingkat sekuriti web lebih terjamin jika menggunakan WordPress versi terbaru karena berbagai celah keamanan telah disempurnakan.

Download plugin Auto Updater

 

Catatan: Kalau themenya belum mendukung Structured Data, menjadi penting untuk install plugin Schema, misalnya: Schema – All In One Schema Rich Snippets

Plugin lainnya optional, bahkan untuk plugin security. Nah, idnetter.com pakai kesemua plugin tersebut kecuali WP Mail SMTP by WPForms, karena idnetter.com pakai Zoho mail gratisan yang sebagai gantinya adalah plugin Zoho Mail.

Semoga bermanfaat ya, dan teman-teman jadi senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *