Praktik untuk Mengoptimalkan Kecepatan Situs Web Anda

Dalam bisnis digital, situs web diperlukan untuk merek atau organisasi untuk membangun kehadiran online dan menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan adanya situs web, calon pelanggan Anda dapat lebih mudah mengetahui tentang produk dan layanan Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengoptimalkan situs Anda karena memastikan situs web Anda mudah ditemukan oleh mesin pencari dan memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa bagi para pengunjung. Ini akan membantu Anda meningkatkan lalu lintas di situs Anda dan pada akhirnya mendapatkan lebih banyak konversi dan penjualan.

Berbagai faktor melibatkan pengoptimalan situs web, seperti konten berkualitas, pengoptimalan mesin telusur (SEO) yang tepat, dan pengoptimalan pengalaman pengguna, yang memastikan bahwa situs Anda mudah dinavigasi dan digunakan.

Namun, aspek terpenting dari pengoptimalan situs adalah kecepatan situs. Jika kecepatan situs Anda luar biasa, Anda akan mengamati tingkat konversi yang lebih baik; jika kecepatan situs Anda rendah, rasio pentalan akan lebih tinggi.

Posting blog ini akan mencerahkan Anda tentang berbagai praktik yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan kecepatan situs Anda.

Cara Mengoptimalkan Kecepatan Situs Web Anda

Pengoptimalan situs adalah proses yang berkelanjutan. Anda harus secara konsisten menganalisis komponen situs Anda, seperti konten dan gambar, untuk membuat perubahan yang diperlukan agar situs Anda tetap diperbarui. Namun demikian, berikut adalah beberapa teknik dasar yang dapat membantu Anda mengoptimalkan kecepatan situs Anda.

Optimalkan Gambar Anda

Gambar membawa dua pertiga dari halaman web, yang berarti mereka memiliki bobot yang signifikan. Jadi, jika gambar Anda besar, mereka memperlambat kecepatan situs Anda. Oleh karena itu, Anda harus menerbitkan gambar yang dioptimalkan di situs Anda untuk meningkatkan kecepatannya. Optimalisasi gambar terutama melibatkan pencapaian keseimbangan antara ukuran dan resolusi file gambar dan memilih format yang tepat untuk gambar Anda. Namun, ukuran gambar paling penting dalam meningkatkan kecepatan situs. Jadi, Anda tidak dapat memublikasikan gambar dalam ukuran acak karena akan memengaruhi kecepatan situs secara negatif.

Alih-alih, membuatnya di bawah dimensi yang disarankan adalah yang terbaik sebelum mempostingnya di situs Anda.

Berbagai cara dapat membantu Anda membawa gambar Anda ke ukuran yang dioptimalkan. Namun, metode terbaik untuk melakukannya adalah menggunakan Kompresi Gambar online. Anda tidak perlu mengubah dimensi gambar Anda di dalamnya secara manual. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan kompresor foto online untuk kompres foto ukuran sesuai kebutuhan Anda.

Tidak masalah format apa yang Anda gunakan; Anda dapat kompres JPG, JPEG, dan PNG menggunakan kompresor foto online. Anda dapat mengunduh file-file itu dan menerbitkannya di situs Anda. Akibatnya, situs Anda akan berjalan dengan kecepatan yang wajar.

Perkecil Permintaan HTTP

Meminimalkan permintaan HTTP adalah teknik untuk mengurangi jumlah permintaan yang perlu dilakukan browser ke server untuk memuat halaman web. Ini dapat membantu Anda mengoptimalkan kecepatan situs dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan browser untuk menerima semua file yang diperlukan. Saat pengguna mengunjungi halaman web, browser membuat banyak permintaan ke server untuk mengambil HTML, CSS, gambar, dan file lain yang menyusun halaman. Setiap permintaan membutuhkan waktu untuk diselesaikan, jadi semakin banyak permintaan, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman. Oleh karena itu, dengan meminimalkan jumlah permintaan, waktu muat halaman dapat dikurangi, yang pada akhirnya meningkatkan kecepatan situs.

Anda dapat memperkecil permintaan HTTP dengan menggabungkan file CSS menjadi satu file, menggunakan sprite CSS karena menggabungkan beberapa gambar kecil menjadi satu file gambar, dan menghapus karakter yang tidak diperlukan dari kode sumber Anda, seperti komentar dan spasi.

Mengaktifkan Caching Peramban

Ini adalah pendekatan berharga lainnya untuk meningkatkan kecepatan situs Anda karena memungkinkan browser menyimpan file tertentu di komputer pengguna. Akibatnya, waktu yang diperlukan browser untuk mengunduh file-file ini berkurang, mengurangi beban server. Jadi, ketika pengguna mengunjungi situs Anda berulang kali, mereka tidak perlu mengunduh file seperti gambar dan stylesheet setiap saat.

Akibatnya, kecepatan memuat halaman menjadi lebih cepat, begitu juga dengan kecepatan situs Anda. Ada berbagai cara untuk mengaktifkan cache browser. Anda dapat melakukannya dengan mengatur header caching yang sesuai. Itu membuat browser mengetahui berapa lama dapat menggunakan file yang sudah dimilikinya dan tidak perlu mengunduhnya lagi.

Selain itu, Anda dapat menggunakan layanan caching seperti Cloud suar atau plugin caching untuk mengelola tugas ini.

Mengintegrasikan Jaringan Pengiriman Konten (CDN)

CDN meningkatkan kecepatan situs karena memperpendek jarak perjalanan data dari server ke pengguna. Anda harus menyadari bahwa ketika pengguna meminta halaman web, browser mereka meminta server yang menghosting mereka. Oleh karena itu, jika server jauh, akan memakan waktu lama untuk memproses permintaan dan memuat halaman web. Dengan demikian, kecepatan situs turun. Namun, saat CDN ditambahkan, salinan halaman web disimpan di server di lokasi utama di seluruh dunia. Hasilnya, konten halaman web dikirimkan dari server terdekat saat pengguna memintanya, secara signifikan mengurangi waktu pemuatan, yang meningkatkan kecepatan situs.

Kata Akhir

Ini adalah praktik yang paling banyak digunakan untuk mengoptimalkan kecepatan situs Anda. Kami harap artikel ini memberi banyak manfaat bagi Anda

Add a comment

Exit mobile version