Mengenal Environmental Law Firm di Indonesia

Dalam dunia hukum salah satu istilah yang akan sering Anda temui adalah environmental law firm. Dalam istilah bahasa Indonesianya adalah jasa hukum lingkungan. Karena lingkungan adalah salah satu masalah hukum yang sering muncul, bahkan hampir di setiap aktivitas usaha.

Karenanya disini dibahas secara khusus untuk Anda bisa mengenal lebih banyak environmental law firm di Indonesia. Khususnya bagi Anda jika ingin menjalankan bisnis dan bersentuhan dengan hal ini, memahami environmental menjadi salah satu hal yang sangat penting. Karena nantinya Anda akan sadar, bahwa mereka adalah salah satu yang diperlukan untuk kelangsungan bisnis.

Mengapa Pengusaha Membutuhkan Environmental Law Firm?

Dalam Undang-undang tentang Perindustrian pasal 21, disebutkan dengan jelas bahwa perusahaan industri wajib untuk berusaha mencegah timbulnya kerusakan maupun pencemaran terhadap lingkungan hidup. Bagaimanapun mereka harus tetap bisa menjaga keseimbangan sumber daya alam dalam menjalankan usahanya.

Itu juga yang menjadi alasan tak sedikit pemilik usaha yang rela menganggarkan banyak biaya untuk menggunakan jasa top law firm Indonesia. Mereka sadar bahwa persoalan lingkungan adalah hal yang sangat rentan membuat mereka berurusan dengan hukum.

Tentu saja bukan hanya satu pasal itu, tapi juga banyak aturan lain yang mengikat para pemilik usaha. Sehingga kemudian dalam dunia Indonesian labor law, persoalan hukum lingkungan menjadi salah satu masalah yang sering dialami para pengusaha.

Sengketa Hukum Lingkungan yang Rumit

Satu hal lagi yang perlu Anda tahu, mengapa environmental law firm banyak diperlukan adalah karena proses penyelesaian sengketa hukum lingkungan tak pernah mudah. Banyak tantangan yang perlu dihadapi dan terbilang rumit. Berikut beberapa hambatan yang sering muncul :

  • Perbedaan Pemahaman

Sering penyelesaian masalah hukum lingkungan terhambat oleh perbedaan pemahaman. Khususnya pada para aparat penegak hukum, ketika berusaha mengimplementasikan hukum pidana lingkungan hidup. Masih sering dibingungkan tentang siapa yang harus bertanggungjawab.

Baca Juga : Konsultan Hukum Pertambangan Terbaik di Indonesia

  • Pembuktian

Proses untuk mengungkap hal-hal teknis juga bukan perkara yang mudah, karena sering hal itu cukup rumit sehingga memerlukan para ahlinya. Karena memang persoalan lingkungan membutuhkan proses pembuktian yang ilmiah.

  • Kerugian Negara

Ketika ada sumber daya alam yang rusak atau terganggu, siapa yang rugi? Tentu saja adalah negara yang menjadi pemilik sekaligus penanggung jawabnya. Masalah hukum lingkungan juga sering menjadi kian sulit, karena selain proses pengembalian kerugian negara yang tak mudah, juga sering dibingungkan tentang proses berikutnya apakah mereka tetap dihukum atau tidak.

Jadi itulah beberapa ulasan tentang environmental law firm dan nilai pentingnya. Supaya Anda yang mengalami masalah hukum bisa tahu. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *